Minggu, 12 Februari 2012

Wayang Golek - Dawala

Dawala


Dawala adalah adik cepot dan kakak dari gareng. Dawala merupakan anak kedua dari Semar Badranaya dan Sutiragen. Dengan ciri khas berhidung panjang Dawala selalu setia menemani kakaknya kemana pun pergi. Dalam pewayangan jawa Dawala bernama Petruk.

Dawala mempunyai sifat yang lebih bijak dari pada kakaknya, cepot. Dia tidak mudah marah dan senantiasa menjadi peredam bila kakaknya marah. Namun dia tidak akan segan untuk membela kakaknya jikalau itu untuk membela kebenaran. Layaknya kakak dan adik, Cepot dan Dawala pun sering kali bertengkar karena perbedaan pendapat. Namun, mereka pada akhirnya rukun kembali setelah menyadari kesalahan masaing-masing. Semar, Cepot dan Dawala sering berdiskusi tentang segala hal yang terjadi di sekitarnya. Memang sudah sifatnya dari para punakawan mempunyai sifat jenaka namun selalu memberi petuah kepada setiap orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ari jelema kiwari mikir na kumaha ??!!

Ieu judul postingan teh moal kapanggih naon maksudna lamun teu dibaca nepi ka tamat. Matakna maca na nepi ka tamat nya. Saacan na kuring re...